August 6, 2013

Undangan Pernikahan Batak dan Nasional

Gak terasa, sebentar lagi saya akan mengakhiri kehidupan single ini dan siap untuk dipinang :D.
Urusan printilan-printilan pernikahanpun menjadi hal wajib untuk disiapkan. Salah satunya adalah undangan pernikahan. 

Bagi saya, undangan ini menjadi hal crucial karena saya memang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan cetak mencetak hasil desain. Saya menyukai fancy paper, cute design, dan yang pasti hasil cetakan yang sempurna. Mungkin karena saya kerja di media cetak yaaa :D *padahal media cetak tempat saya bekerja gak pakai desain lucu-lucu tuh*

Setelah berkeliling beberapa tempat cetak undangan, dan berkeliling ke beberapa wedding expo, berikut hasil survey saya :

  •  Papier n Co
Lokasinya di deket Mall Festival Citylink. Tepatnya di Komplek Taman Anggrek. Gang masuknya persis sebelum Festival Citylink. Papier n Co ini berada di sebuah komplek perumahan yang cukup mewah.
Saya mengenal vendor ini dari sebuah wedding expo yang pernah diadakan di Graha Manggala Siliwangi, Bandung. Saya kemudian menyambangi TKP untuk melihat model dan pastinya harga :D.
Model undangan di Papier ini memang sangat menarik minat saya. Contoh - contoh undangan disini cute, girlie, dan warnanya lucu-lucu. Bahan kertasnya juga berkualitas, dan hasil pengerjaannya rapih. 

Saya akan menikah dengan adat batak. Jadi, saya harus membuat beberapa model undangan. Yang pertama, undangan nasional (khusus untuk teman-teman saya dan cami, serta relasi orang tua dan camer). Yang kedua, undangan batak dari pihak paranak. Dan yang ketiga, undangan batak dari pihak parboru.
Ini membuat kuantitas undangan yang dicetak, menjadi lebih kecil karena ada 3 model. So, untuk undangan nasional, kami hanya akan mencetak 300 undangan.Dengan kuantitas 300 eks, untuk undangan dengan model hardcover, harganya berkisar Rp 15.000,-.

Overall, harga undangan disini, dengan kualitas yang ditawarkan sebenarnya cukup pantas. Namun memang kami belum ikhlas aja untuk mengeluarkan biaya Rp 15.000/eks. Jadi, kami putuskan untuk tidak memilih vendor ini :)

  • Sam Arista
Saya sudah mengenai Sam Arista sebelum saya merencanakan pernikahan. Mengapa? Karena saya pernah mengantarkan teman kantor saya survey undangan ke tempat ini. Undangan disini, menurut saya elegan. Khas undangan untuk pernikahan tradisional, namun terlihat sangat berkelas.

Lokasinya ada di daerah Pasir Luyu, Bandung. Jika tau toko yang menjual perlengkapan muslim Alifa (jalan BKR), gang masuknya persis di samping toko tersebut. 

Harga undangan yang ada disini memang untuk minimal 500 eks. Namun, karena saya hanya akan mencetak 300 undangan, harganya menjadi cukup tinggi. Misalnya saja, untuk undangan yang harganya Rp 16.000 (untuk min. 500), menjadi sekitar Rp 22.000 (untuk 300 eks). Saya juga pernah menanyakan biaya untuk membuat model undangan seperti ini di daerah Pagarsih. Harganya ternyata malah lebih mahal. Belum lagi, percetakan disana belum tentu bisa membuat sebagus kualitas Sam Arista. Dari situ, saya menyimpulkan bahwa memang ternyata, harga tersebut tidak over rated. Lagi-lagi, saya katakan bahwa harga tersebut sepertinya memang pantas dengan biaya kertas, pembuatan, finishing, dan lainnya. Berikut adalah gambar dari undangan yang saya inginkan di Sam Arista :




  • Xtra Jaya
Lokasinya ada di daerah Astana Anyar. Saya belum pernah mendengar mengania vendor ini sebelumnya. Saya menemukannya saat nyasar. Seharusnya mau ke daerah Cibadak, eehh malah nyasar kesini. 
Xtra jaya ini cocok bagi yang mencari undangan batak template dengan harga yang relatif terjangkau. 
Untuk undangan batak, sepertinya tempat ini sudah cukup sering menerima orderan. Model undangan batak yang ada disini sudah template. Dan memang, banyak yang membutuhkan model undangan batak seperti itu. Ini 2 alternatif undangan batak di Xtra Jaya :


Setelah menimbang-nimbang, saya dan cami merekomendasikan tempat ini kepada orang tua kami. Sekiranya tertarik, undangan batak paranak dan parboru akan kami cetak disini. Sejujurnya, saya kurang menyukai model undangan disini, namun berhubung keputusan mengenai undangan batak tidak ada di tangan saya, saya tetap menyerahkan keputusan akhir di orang tua :D. 

Dan ternyataaaa, saat orang tua saya datang untuk melihat ke TKP a.k.a Xtra Jaya ini, jalanan kesana muaceetttnya luar biasa dan saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 16.50 dimana sesaat lagi Xtra Jaya akan tutup. Karena tidak ada harapan untuk sampai dalam waktu 10 menit, maka kami memutuskan untuk survey ke lokasi tempat kami membuat undangan nasional yaitu Jasmine Wedding Invitation. 

  • Jasmine Wedding Invitation
Jasmine Wedding Invitation ini saya ketahui saat browsing mencari vendor undangan di Bandung. Awalnya, saya agak enggan ke tempat ini karena menurut saya harganya akan sama saja dengan vendor wedding invitation lainnya seperti Papiernco, Sam Arista, Surya Jaya, Sketsa, dll. Namun, karena belum juga menemukan vendor yang pas, kami akhirnya survey kesini juga. 

Lokasinya daerah cibadak. Persisnya di Jalan Cibadak No. 242. Saat kami kesana, model undangannya setipe dengan Surya Jaya dan Skesta. Harganya juga relatif sama. Saat itu, saya dan cami melihat 1 model undangan soft cover disana. Modelnya cukup bagus dan harganya relatif sesuai dengan budget kami. Sebenarnya kami ingin menanyakan lebih detail dan memberitahu kebutuhan kami, namun saat itu ownernya (Ci Linda) sedang tidak ada di tempat. Jadi kami arrange pertemuan di lain waktu dengan Ci Linda.

Saat kami datang kedua kalinya kesana, kami sudah memiliki konsep undangan. Modelnya saya ambil dari weddingpaperdivas . Setelah menggabung-gabungkan beberapa model yang saya sukai dan menyesuaikan dengan budget, akhirnya kami memutuskan untuk membuat undangan softcover.

Obral-obrol dengan ci linda, bahan cover yang akan digunakan adalah art paper tebal 330. Untuk kertas di dalamnya menggunakan kertas bertekstur. Saya lupa, apa nama kertasnya. Namun kualitas kertasnya bagus dan tidak abal-abal. Di bagian cover, awalnya akan dibuat finishing letterpress. Namun, menurut ci Linda, akan lebih bagus jika emboss. Jadi, kesepakatan akhir di bagian cover emboss dan namanya emboss+foil. Di bagian dalam (teks), ada yang diemboss dan ada juga yang difoil. Kami tidak menggunakan amplop, hanya menggunakan plastik agar model undangan tetap terlihat. Biayanya Rp 8.000 untuk 300 undangan. Yah, sesuai dengan budget kami :)

Desainnya dibuatkan oleh Jasmine, sesuai dengan brief yang kami sampaikan. Saat pembuatan desain, ci linda mengirimkan pada saya beberapa alternatif pilihan bunga. Tepatnya 25 alternatif desain bunga :)). Seneng sekaligus mumet dikasih banyak pilihan. Timbang sana, timbang sini, saya dan cami memutuskan pilihan motif yang kami gunakan. Melewati berbagai revisi, akhirnya sample pun jadi. Saya dan cami puas dengan hasil tersebut. Saya bolak-balik memandangi undangan dan rasanya perjuangan mencari vendor kesana kemari, terbayarkan. Yeayyyy!

Undangan Batak akhirnya juga kami buat disini. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, karena jalan ke xtra jaya macet, akhirnya kami balik arah dan menuju jasmine. Ternyata, si mamapapa pun berjodoh dengan jasmine :D. 
Model undangan batak di jasmine ternyata cukup menarik. Tidak terlalu konvensional (kalo menurut saya). Ada 1 contoh yang menarik perhatian kami. Modelnya single hard cover. Namun untuk 200 buah harganya cukup tinggi (Rp 17.000). Kami kemudian meminta custom menjadi soft cover. Dan akan mencetak 200 undangan parboru dan 200 undangan paranak. Alhasil, kami mendapatkan harga Rp 7.000. Setelah revisi beberapa kali, akhirnya sample undangan kami jadi. Dan Hasilnya .... Memuaskan! 

Aaahh, jadi gak sabar nih nunggu hasil akhir dari undangan-undangan ini. Kalo hasil akhirnya udah ada, segera saya upload yaaa.




1 comments:

Zulfa Balai Sartika said...

Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik seperti honeymoon ke Bali, logam mulia bahkan cashback langsung. Bonus-bonus tersebut bisa kamu dapatkan langsung tanpa diundi dan bisa dicustom sesukamu! Dapatkan informasi lengkapnya 089611648377 (Zulfa)

Post a Comment

Linkie ♥

Text Widget

Total Pageviews

Welcome!

Recent Posts

 

Template by Best Web Hosting